Rektor Universitas PTIQ Jakarta Tinjau Proses Asesmen Lapangan Akreditasi Prodi Manajemen Dakwah

Rektor Universitas PTIQ Jakarta, Prof. Dr. Nasaruddin Umar MA, bersama pimpinan PTIQ lainnya, melakukan peninjauan terhadap proses asesmen lapangan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (Ban-PT) terhadap Program Studi Manajemen Dakwah di Fakultas Dakwah pada hari Sabtu, tanggal 23 September. Dalam kunjungannya, Prof. Nasaruddin didampingi oleh Direktur Sekolah Pasca Sarjana Universitas PTIQ, Prof. Dr. Darwis Hude MA, dan Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Made Saihu, M.Pd.I. Sementara dari pihak asesor, hadir Prof. Dr. Masduki, M.Ag., dan Dr. Asep Iwan Setiawan, M.Ag.

Prof. Nasaruddin mengungkapkan bahwa kegiatan asesmen lapangan bukan hal yang baru, tetapi karena PTIQ telah bertransformasi menjadi Universitas, hal ini memiliki makna dan momentum khusus. Melalui asesmen ini, ia berharap universitas dapat lebih siap menjadi lembaga pendidikan tinggi yang unggul dan memiliki reputasi internasional dalam pengkajian dan pengembangan berbasis Al-Qur’an.

Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Made Saihu, menjelaskan bahwa visi ke depan Universitas PTIQ adalah mengintegrasikan nilai-nilai pengabdian dan keunggulan. Pengabdian mencakup praktik ibadah Islam dalam hubungan dengan Allah SWT dan sesama manusia. Keduanya harus dijalankan secara penuh, dengan panduan “TILAWAH,” yang merupakan singkatan dari Teladan, Istiqomah, Loyal, Amanah, Wasathiyah, Adaptif, dan Humanis. Ini menjadi prinsip inti Universitas PTIQ.

Selama asesmen lapangan, terdapat sesi tanya jawab dengan berbagai pihak, termasuk dosen, mahasiswa, alumni, pengguna, dan staf administrasi. Asesor mengajukan pertanyaan terkait dengan Rencana Pembelajaran Semester (RPS) dan metode pembelajaran kepada dosen. Terhadap mahasiswa, mereka melakukan evaluasi terhadap tilawah Al-Qur’an. Sementara kepada pengguna dan alumni, mereka memastikan hubungan antara pembelajaran di kampus dengan pengalaman dunia nyata.

Selain itu, asesor Dr. Asep Iwan Setiawan dan Dr. Masduki juga meninjau fasilitas seperti Perpustakaan dan Museum Al-Qur’an Universitas PTIQ. Kegiatan asesmen mencakup kunjungan ke kantor Fakultas Dakwah, Lembaga Tahfiz dan Tilawah (LTTQ), serta laboratorium praktikum kewirausahaan manajemen dakwah. Keseluruhan rangkaian asesmen ini berlangsung hingga 24 September 2023, dan acara penutupan melibatkan serah terima berita acara asesmen lapangan kepada Purek I Dr. Imam Addaruqutni MA dan Dekan Fakultas Dakwah Dr. Topikurohman, MA.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these