Home / Program Pendidikan

Program Pendidikan

Pendidikan berbasis Al-Qur'an

Nilai-nilai Al-Qur’an mewarnai seluruh program studi maupun konsentrasi yang terdapat di Institut PTIQ Jakarta, sehingga mahasiswa memiliki jaminan tahsin Al-Qur’an yang baik, tahfidz yang memumpuni, keterampilan manajerial yang baik dan keahlian program studi yang ditekuni berbasis Al-Qur’an.

Setiap mahasiswa Institut PTIQ Jakarta baik program studi pada¬† jenjang Sarjana (S-1), jenjang Magister (S-2) serta jenjang Doktoral (S-3) memiliki sertifikat tahsin Al-Qur’an dari lemaba Tahfidz dan Tilawah Al-Qur’an (LTTQ) sebagai jaminan mutu bahwa semua mahasiswa mampu membaca Al-Qur’an dengan baik sesuai standar yang berlaku di Institut PTIQ Jakarta.

Program Sarjana (S-1)

Program sarjana adalah gelar pertama yang bisa Anda raih di Institut PTIQ Jakarta, bagi Anda yang merupakan seorang lulusan SMA/SMK/MA atau institusi pendidikan yang sederajat, dan sedang mencari peluang untuk melanjutkan belajar di tingkat pendidikan tinggi.

Anda akan dapat memilih 7 tawaran program sarjana pada bidang studi yang berbeda di Institut PTIQ Jakarta. Klik pada salah satu tautan yang tersedia di bawah ini untuk menemukan informasi detil tentang profil dari setiap program pendidikan.

Program Pascasarjana (S-2 & S-3)

Program Pascasarjana Institut PTIQ Jakarta menawarkan berbagai pilihan program pendidikan pasca sarjana, baik tingkat magister (S2), doktor (S3).

  • Program Magister (S-2) Manajemen Pendidikan Islam (MPI)

  • Program Magister (S-2) Ilmu Al-Qur’an & Tafsir (IAT)

  • Program Doktoral (S-3) Ilmu Al-Qur’an & Tafsir (IAT)

Program Ma'had Al-Qur'an

Ma’had Al-QUr’an merupakan pesantren mahasiswa yang memiliki kedudukan formal setara dengan fakultas yang ada di Institut PTIQ Jakarta. Program ini diwajibkan dan dikhususkan¬† bagi mahasiswa jenjang Sarjana (S-1), pada dua semester awal (tahun pertama). Pada tahun berikutnya mahasiswa mulai berkonsentrasi pada program studi di fakultas.

Materi-materi Program Ma’had Al-Qur’an di antaranya:

  • Penguasaan Bahasa Arab dan Inggris secara lisan maupun tulisan.
  • Tahsin dan Tahfidz Al-Qur’an
  • Nagham dan Tilawah Al-Qur’an, Ilmu Qira’at, Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir.

Program Tahfidz & Tilawah Al-Qur'an

Program Tahfidz Al-Qur’an adalah program yang bertujuan membentuk mahasiswa menjadi seorang hafidz. Sedangkan program Tilawah adalah program yang bertujuan membentuk mahasiswa menjadi seorang qari. Sesuai dengan tujuan Institut PTIQ Jakarta yang hendak membentuk ahli Al-Qur’an yang memiliki [engetahuan di bidang Agama Islam, maka tahfidz dan tilawah Al-Qur’an merupakan program utama yang menjadi ciri khas dari Institut PTIQ Jakarta.

Adapaun program Tahfidz dan Tilawah dibagi menjadi dua:

  • Tahfidz Penuh, yaitu mahasiswa wajib menghafal dan menyetorkan hafalan 30 Juz Al-Qur’an selama menjadi mahasiswa Institut PTIQ Jakarta.
  • Tahfidz Terbatas, yaitu mahasiswa wajib menghafal dan menyetorkan hafalan 3 Juz yaitu Juz 28, 29 dan 30 selama menjadi mahasiswa Institut PTIQ Jakarta.
Top