السلام عليكم ورحمة الله وبركاته          Mau Kuliah Plus Menghafal Al-Qur'an? Ke PTIQ aja.
Home / Berita / PEMIRA INSTITUT PTIQ 2020

PEMIRA INSTITUT PTIQ 2020

Assalamu’alaikum wr.wb.

Salam Mahasiswa!

Salam sejahtera bagi teman-teman mahasiswa/i Institut PTIQ Jakarta. Teman-teman sudah tahu belum atau setidaknya mendengar berita tentang PEMIRA kali ini? atau bisa jadi teman-teman masih ada yang belum tahu apa itu PEMIRA? dan seperti apa sih pelaksanaannya? Yuk simak sejenak seputar PEMIRA!!!

Dalam Instansi Pendidikan Tinggi atau sering disebut kampus biasanya terdapat organisasi kemahasiswaan yang berguna sebagai wadah pengembangan potensi para mahasiswa dan merupakan wujud kepedulian kampus terhadap mahasiswanya. Tetapi tidak hanya itu, organisasi kemahasiswaan ini juga berguna sebagai kemajuan kampus loh. Kok bisa? Salah satunya karena dalam organisasi kemahasiswaan biasanya selalu mengadakan kegiatan-kegiatan yang melibatkan mahasiswa kampus tersebut juga mahasiswa dari kampus luar yang dapat mengembangkan tingkat kerjasama antar kampus. Maka dari itu organisasi kemahasiswaan ini menjadi salah satu bentuk kemajuan kampus tersebut.

Memangnya apa saja yang termasuk ke dalam organisasi kemahasiswaan??? Pada umumnya organisasi kemahasiswaan di sebuah kampus terdiri atas 3 kelembagaan. Pertama Lembaga Legislatif, Kedua Lembaga Eksekutif, dan Ketiga Lembaga Pers/Media. Ketiga lembaga tersebut jika di kampus kita Institut PTIQ Jakarta adalah DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa) sebagai lembaga Legislatif, BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) sebagai lembaga Eksekutif, dan LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) sebagai lembaga Pers/Media nya.

Lalu apa hubungannya dengan PEMIRA? Jadi yang dimaksud dengan PEMIRA itu singkatan dari Pemilihan Umum Raya merupakan salah satu kegiatan yang bisa disebut sebagai pestanya Mahasiswa. Mengapa bisa disebut seperti itu karena dalam pelaksanaannya PEMIRA melibatkan Mahasiswa sebagai penyelenggara, pemilih dan Yang dipilihnya. PEMIRA sendiri diadakan sebagai bentuk proses keberlanjutan estafet kepengurusan BEM berikutnya dengan memilih salah satu dari beberapa pasangan calon yang akan menjadi presiden dan wakil presidennya mahasiswa sekaligus yang diberikan tanggung jawab lebih untuk diamanahkan sebagai Ketua dan Wakil Ketua BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa). Dengan diadakannya PEMIRA ini bertujuan supaya terdapat perbaikan dan kemajuan dari kepengurusan BEM berikutnya.

Tetapi PEMIRA tahun ini berbeda dengan PEMIRA sebelumnya, dimana PEMIRA kali ini diselenggarakan secara online, tidak seperti PEMIRA tahun-tahun lalu yang diselenggarakan secara offline. Penyelenggaraan PEMIRA secara online ini dilaksanakan karena dampak dari pandemi Covid – 19 yang masih berlangsung hingga saat ini.

Nah, bagaimana teman-teman mahasiswa/i Institut PTIQ Jakarta? Sedikit banyaknya sudah tahu kan tentang PEMIRA? Jadi yuk kita sama-sama sukseskan bersama PEMIRA 2020 kali ini dengan ikut memilih Pasangan calon yang akan diselenggarakan bulan ini.

Salam Mahasiswa!

Wassalamu’alaikum wr.wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top