السلام عليكم ورحمة الله وبركاته      Pengumuman Kelulusan Jalur Testing     SELAMAT  Bergabung bagi Mahasiswa yang Lulus      Mau Kuliah Plus Menghafal Al-Qur'an? Ke PTIQ aja.
Home / Berita / Kerjasama dengan Institut PTIQ, Kemenag Adakan Festival Seni Budaya Islam Goes To Campus

Kerjasama dengan Institut PTIQ, Kemenag Adakan Festival Seni Budaya Islam Goes To Campus

Warta PTIQ – Rabu, (2/10/2019), Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama RI, Prof. Dr. H. Muhammadiyah Amin, M.Ag. membuka secara resmi acara Festival Seni Budaya Islam Goes To Campus di Institut PTIQ Jakarta. Pelaksanaan festival ini akan berlangsung selama empat hari dari tanggal 2-5 Oktober yang bertempat di Ma’had Al-Qur’an dan Aula Asrama Institut PTIQ Jakarta.

Hadir dalam pembukaan festival Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, MA. selaku rektor, para wakil rektor, para dekan fakultas, beberapa dosen, dan mahasiswa/i Institut PTIQ Jakarta.

Dalam sambutannya, ketua panitia festival, H. Sayid Alwi Fahmi, S.Ag menyampaikan bahwa Seni Budaya Islam merupakan bagian dari budaya Indonesia untuk senantiasa dilestarikan.  Ia berharap agar mahasiswa juga ikut serta dalam melestarikan seni budaya Islam yang memang jadi tujuan dari kegiatan ini. Selain itu, tujuan dari acara ini untuk mengembangkan minat dan bakat para mahasiswa di sekitar Jakarta yang ikut serta dalam festival ini.

Pak Rektor dalam sambutannya menyampaikan bahwa masyarakat kita cenderung kering dan keras. “Masyarakat seperti ini diperlukan pelembutan. Pelembutnya ialah seni,” ungkapnya. Beliau kemudian mengutip Imam Ghazali yang menyatakan bahwa orang yang tidak memiliki jiwa seni hatinya akan cenderung keras.

Ada tiga cabang seni budaya yang dilombakan dalam festival ini meliputi Puitisasi Terjamahan Al-Qur’an, Vokalis Lagu Religi, dan Paduan Shalawat. Festival ini diikuti kurang lebih 150 peserta dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta dan sekitarnya seperti UIN Jakarta, UNJ, STAI Al Hikmah, STAI Al Akidah, IBM Bekasi, dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top