السلام عليكم ورحمة الله وبركاته      Pengumuman Kelulusan Jalur Testing     SELAMAT  Bergabung bagi Mahasiswa yang Lulus      Mau Kuliah Plus Menghafal Al-Qur'an? Ke PTIQ aja.
Home / Pengumuman / Pelepasan Mahasantri Ma’had Al-Qur’an PTIQ Angkatan 4

Pelepasan Mahasantri Ma’had Al-Qur’an PTIQ Angkatan 4

 

Warta PTIQ – Institut PTIQ Jakarta melaksanakan pelepasan mahasantri angkatan 4 Ma’had Al-Qur’an, Sabtu (4/5/2019). Pelepasan mahasantri ini bertempat di Masjid Darul Qur’an (MDQ) gedung redung rektorat Institut PTIQ lantai 2.

Menurut kepala biro umum, Zaini, M.Pd. acara yang juga dihadiri oleh para dosen, para musyrif ma’had, dan para orangtua mahasantri ini diikuti oleh lebih dari 360 mahasantri.

Perlu diketahui bahwa mahasantri yang tinggal di Ma’had Al-Qur’an PTIQ ini adalah mahasiswa baru Institut PTIQ yang memang diwajibkan tinggal di asrama PTIQ selama dua semester. Tahun ini dalam rangka melepas mereka, Direktur Ma’had, H. Pangadilan Daulay, menggelar khataman akbar dan sujud syukur.

Dalam rangkaian acara pelepasan yang bertema “Quranic Style di Era Milenial” ini, panitia mengundang KH. Deden Makhyaruddin, MA, untuk memberikan nasehat dan motivasi kepada mahasantri.

Dalam ceramahnya, beliau menyampaikan dengan mengutip QS. Fathir ayat 32 bahwa para penghafal Al-Qur’an adalah pilihan Allah  di mana mereka dipilih melalui proses penyaringan dan pembersihan jiwa sehingga layak menjadi pewaris sah Al-Qur’an.

“Tidak tepat dan tidak pantas kalau penghafal Al-Qur’an tidak melayakkan diri dan membersihkan diri,” ungkap beliau. Karenanya, seorang penghafal Al-Qur’an harus membersihkan dirinya dari “sampah” (dosa).

Beliau mengilustrasikan seperti air sungai yang tidak akan mengalir dari hulu ke hilir jika banyak sumbatan sampah yang menghalanginya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top