Workshop Bahasa Arab Institut PTIQ Jakarta

Jakarta — Minggu, 7/01/ 2017, Institut PTIQ Jakarta menyelenggarakan workshop Bahasa Arab untuk meningkatkan kemampuan mengajar bahasa Arab. Kegiatan yang diadakan di Aula Ma’had PTIQ Jakarta ini diikuti oleh para dosen di lingkungan kampus Jami’at al-Dirasat li Ulum al-Qur’an (Institut PTIQ) Jakarta, para mahasiswa PTIQ dan peserta dari luar kampus PTIQ yang notabene guru Bahasa Arab.

Acara workshop ini bekerjasama dengan Ittihad Mudarrisi al-Lughah al-Arabiyah Indonesia IMLA (Ikatan Dosen Bahasa Arab Indonesia) dan Markaz al-Buhuth wa al-Tawashul al-Ma’rifi (Pusat Penelitian dan Interkomunikasi Pengetahuan) dari Kerajaan Saudi Arabia. Sebagai pembawa materi dalam acara ini ialah Dr. Ali bin Ma’yuf al-Ma’yuf dari Markaz al-Buhuth wa al-Tawashul al-Ma’rifi (Pusat Penelitian dan Interkomunikasi Pengetahuan).

Hadir dalam pembukaan acara ini wakil rektor I, Prof. Dr. Amany Lubis, MA, untuk memberikan sambutan. Dalam sambutannya, Prof. Amany menegaskan tentang pentingnya Bahasa Arab dalam komunikasi internasional, terutama juga dalam mempelajari ilmu keislaman. Bahasa Arab tidaklah sulit dipelajari selama para mahasiswa dan pelajar lainnya bersungguh-sungguh untuk menguasainya.

Tujuan acara ini adalah untuk memberikan wawasan baru bagi para peserta workshop tentang metode pengajaran bahasa Arab yang efektif. Dengan metode baru yang didapat, peserta diharapkan bisa lebih mudah mengajarkan bahasa Arab kepada peserta didik.

Peserta sangat antusias mengikuti acara ini karena selain workshop ini tidak dipungut biaya apapun, pematerinya langsung datang dari Arab Saudi yang memang ahli dalam pengajaran Bahasa Arab.

Lambatnya proses penguasaan Bahasa Arab di Indonesia khususnya untuk kalangan pelajar di Pesantren dan Madrasah serta di perguruan tinggi adalah karena persoalan metode pengajaran yang monoton dan kurang menarik. Adapun metode yang diformulasikan dan disampaikan oleh Dr. Ali Ma’yuf dalam Workshop ini adalah metode yang sangat menarik dan sistematis, sehingga bisa mempercepat penguasaan Bahasa Arab.

Lihat foto-fotonya di sini.