Inovasi dan Konsolidasi: Universitas PTIQ Jakarta Gelar Pra Rapat Kerja di Hotel Aston Anyer, Banten

Pada tanggal 26 hingga 27 Juni 2023, Universitas PTIQ Jakarta menggelar acara Pra Rapat Kerja yang berlangsung selama dua hari di Hotel Aston Anyer, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Acara ini menjadi wadah bagi pimpinan mulai dari tingkat rektorat, biro sampai dengan fakultas untuk melakukan evaluasi serta merumuskan langkah-langkah strategis ke depan, sebelum nantinya akan dilaksanakan kegiatan Rapat Kerja yang dihadiri oleh lebih banyak peserta, termasuk para dosen tetap. Kegiatan pra rapat kerja ini mengusung tema: Membangun Tata Kelola dan Tata Pamong yang Efektif Menuju Era Baru PTIQ.

Hari pertama, tepat pukul 13.00, peserta mulai melakukan proses registrasi untuk mengikuti acara. Suasana penuh semangat dan antusiasme terpancar dari para peserta yang hadir. Pukul 14.00, acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, mengawali suasana dengan keheningan dan kekhusyukan.

Sambutan Rektor, Prof. Dr. Nasaruddin Umar, M.A., disampaikan oleh Wakil Rektor I, Dr. Imam Addaruqutni, M.A. dalam rangkaian acara selanjutnya. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapan dan arahan untuk mengarahkan visi dan misi universitas ke depan. Dilanjutkan dengan sesi penyusunan kerangka visi dan misi Universitas PTIQ Jakarta yang dipimpin oleh Wakil Rektor I dan Kepala Biro Akademik, Dr. Made Saihu, M.A. Selama sesi tersebut, diskusi dan kolaborasi antara peserta terjalin dengan baik, bertujuan untuk memperkuat arah dan tujuan universitas.

Selanjutnya, waktu istirahat sejenak untuk melaksanakan ISOMA (Istirahat, Shalat Ashar, dan Makan) pada pukul 15.30 hingga 16.00. Setelah ISOMA, kembali dilanjutkan dengan sesi penyusunan kerangka visi dan misi masing-masing fakultas dan Program Studi di Universitas PTIQ Jakarta. Sesi ini juga dipimpin oleh Wakil Rektor I dan Kepala Biro Akademik, dengan tujuan memperkuat identitas dan fokus masing-masing unit akademik.

Sesi terakhir pada hari pertama pada pukul 19.00 hingga 22.00 adalah penyusunan Statuta Universitas PTIQ Jakarta yang dipimpin oleh Prof. Dr. Darwis Hude, M.Si. Statuta universitas adalah dokumen formal yang mengatur dasar hukum dan tata kelola universitas. Statuta merinci struktur organisasi universitas, tugas dan wewenang pimpinan universitas, serta mekanisme pengambilan keputusan dan aturan-aturan yang mengatur kegiatan akademik dan administratif di universitas PTIQ Jakarta. Statuta ini akan menjadi acuan dalam mengatur dan menyelenggarakan aktivitas universitas serta menjaga keberlanjutan dan kualitas pendidikan.

Hari kedua, pada pukul 08.00, acara dimulai dengan sesi penyusunan Tata Kelola dan Tata Pamong Universitas PTIQ Jakarta. Sesi ini dipimpin oleh Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Dr. Ahmad Zain Sarnoto, M.A. Fokus pada tata kelola dan tata pamong bertujuan untuk memastikan universitas memiliki sistem yang efektif dan efisien dalam menjalankan berbagai kegiatan akademik dan administratif.

Setelah berlangsung hingga pukul 11.30, acara Pra Rapat Kerja Universitas PTIQ Jakarta ditutup dengan penuh semangat. Peserta diberikan waktu untuk mempersiapkan kepulangan mereka ke Jakarta dengan harapan dapat menerapkan hasil dari diskusi dan kesepakatan yang tercapai selama acara tersebut.

Acara Pra Rapat Kerja ini menunjukkan komitmen Universitas PTIQ Jakarta dalam terus berinovasi dan konsolidasi untuk memajukan dunia pendidikan dan menjawab tantangan zaman. Universitas PTIQ Jakarta yakin bahwa melalui kerja sama dan kebersamaan, tujuan dan cita-cita dari Era Baru PTIQ akan tercapai.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these