IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam Terbitan Fakultas Tarbiyah Raih Sinta 4

Jakarta, 7 April 2023 – Kabar baik datang dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI. Jurnal Pendidikan Islam yang diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah di universitas tersebut, yaitu IQ (Ilmu Al-Qur’an), telah berhasil meraih akreditasi Sinta 4. Berdasarkan Surat Pemberitahuan nomor 0187/E5.3/HM.01.00/2023 tentang Pemberitahuan Hasil Akreditasi Jurnal Ilmiah Periode IV Tahun 2022, menyatakan bahwa jurnal IQ Reakreditasi Naik Peringkat dari Peringkat 5 ke Peringkat 4 mulai Volume 5 Nomor 1 Tahun 2022 sampai Volume 9 Nomor 12 Tahun 2026.

Menurut Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr. Baeti Rohman, M.A., pencapaian ini adalah hasil dari kerja keras bersama para editor, mitra bestari, dan pengelola jurnal. “Kami sangat bersyukur dan bangga atas pencapaian ini. Ini adalah hasil dari kerja keras dan ikhtiar bersama. Kami berterima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dalam pencapaian ini,” ujarnya.

Dr. Baeti Rohman, M.A. juga mengungkapkan harapannya bahwa pencapaian ini dapat memotivasi para penulis dan akademisi khususnya di Fakultas Tarbiyah dan umumnya di Universitas PTIQ Jakarta untuk semakin bersemangat dalam menulis karya ilmiah. “Semoga dengan meningkatnya akreditasi jurnal IQ, akan semakin banyak karya ilmiah yang ditulis dan terbit di sini. Kami berharap Universitas PTIQ Jakarta dapat terus menjadi pusat pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat, terutama dalam kajian Ke-Islaman dan Ke Al-Qur’an-an,” tambahnya.

Sebagai informasi tambahan, IQ (Ilmu Al-Qur’an) adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel-artikel yang diambil dari kajian analisis kritis di bidang pendidikan Islam. Jurnal ini memuat karya asli dari dosen, peneliti, mahasiswa, dan pihak lain yang berkepentingan yang belum atau tidak dipublikasikan dalam bentuk artikel penelitian dan gagasan konseptual. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun: Juni dan Desember, yang tersebar di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara dalam bentuk cetak dan online. Bagi penulis yang ingin mengirimkan tulisannya dapat mengunjungi laman OJSnya di journal.ptiq.ac.id/index.php/iq

Oleh: Muhamad Ibtissam Han, M.A.
(Kabag IT & Humas)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these