Mahasiswa Fakultas Syariah Laksanakan KKL Internasional di Singapura, Malaysia, dan Thailand

Jakarta, 7 Maret 2023 – Mahasiswa Fakultas Syariah Universitas PTIQ Jakarta melakukan Program Pengabdian dan KKL Internasional di Asia Tenggara dengan tema Pendidikan dan Peradaban Islam. Sebanyak 3 mahasiswa dari Program Studi Ahwal al-Syakhshiyyah dan 10 mahasiswa dari Program Studi Ekonomi Syariah, didampingi oleh Dr. Andi Iswandi, S.H.I., LLM. (Dekan Fakultas Syariah), Dito Alif Pratama, M.A. (Kepala Prodi Ekonomi Syariah), dan Muhammad Sholeh, S.H.I. LLM. (Dosen ahwal al-syakhshiyyah).

Pada Selasa, 07 Maret 2023, rombongan berangkat dari Jakarta menuju Singapura untuk melakukan ziarah ke makam Habib Nuh. Setelah itu, mereka mengunjungi Museum Sejarah Asia Tenggara di NUS dan melakukan city tour ke tempat-tempat seperti Universal Studios, Merlion, dan Chinatown/Little India.

Hari berikutnya, pada Rabu, 08 Maret 2023, rombongan pergi ke Johor Bahru dan Melaka. Mereka mengunjungi Rumah Merah di Melaka dan Masjid Melaka yang merupakan makam Al Sumatrani. Selain itu, rombongan juga mengunjungi Masjid Putrajaya di Putrajaya.

Pada Kamis, 09 Maret 2023, rombongan mengunjungi Kampus MSU Malaysia untuk melakukan studi perbandingan. Selain itu, mereka juga mengunjungi Les Copaque Upin-ipin di Shah Alam dan melakukan city tour di Kuala Lumpur, termasuk ke tempat-tempat seperti Genting, Batu Caves, dan Petronas.

Hari Jumat, 10 Maret 2023, rombongan melakukan perjalanan ke Thailand. Mereka mengunjungi Kuil Putih Songkhla dan Masjid Songkhla, serta Pasar ASEAN.

Pada Sabtu, 11 Maret 2023, rombongan melakukan city tour di Hatyai dan Songkhla, termasuk ke tempat-tempat seperti Sleeping Buddha, Tan Kwan Hill, Cham Park, dan Samila Beach. Selain itu, mereka juga mengunjungi Floating Market.

Hari terakhir, pada Ahad, 12 Maret 2023, rombongan menuju Penang untuk melakukan city tour dan mengunjungi Universitas Sains Malaysia. Setelah itu, mereka kembali ke Jakarta dengan penerbangan dari Bandara Penang.

Program Pengabdian dan KKL Internasional ini diharapkan dapat memberikan pengalaman dan wawasan yang berharga bagi mahasiswa Fakultas Syariah Universitas PTIQ Jakarta dalam memperluas pengetahuan dan pengalaman di bidang Pendidikan dan Peradaban Islam di Asia Tenggara.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these