Nuansa Nostalgia Hangatkan Kunjungan LPTQ Kab. Jepara ke PTIQ

Jakarta (05/02/2022) – Pada Tanggal 5 Februari 2022, Institut PTIQ Jakarta mendapatkan kunjungan dari LPTQ Kabupaten Jepara. Kunjungan tersebut adalah studi komprehensif LPTQ Jepara ke PTIQ. Acara yang dilangsungkan di Ruang Rapat Gedung Rektorat Lt. 3 tersebut dihadiri pihak Institut PTIQ Jakarta dan juga pihak LPTQ Kab. Jepara. Dari pihak PTIQ dihadiri oleh Wakil Rektor I, Dr. H. Imam Addaruqutni, M.A., Wakil Rektor III, Dr. Ali Nurdin, M.A., Ketua LTTQ Dr. Abdur Rokhim Hasan, M.A., Wakil Direktut Ma’had Al-Qur’an, Ust. Adi Nugraha, S.Sos., dan Perwakilan Alumni PTIQ, K.H. Syarif Rahmat, S.Q.,. Sedangkan dari pihak LPTQ Kab. Jepara dihadiri oleh para pengurus yang dipimpin oleh Ketua LPTQ Kab. Jepara, Drs. K.H. Ali Mudhofar yang juga merupakan alumni Institut PTIQ Jakarta.

Acara yang penuh dengan suasana hangat tersebut dimulai dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua LTTQ, Dr. Abdur Rokhim Hasan, MA. Dalam sambutannya beliau menyampaikan beberapa hal antara lain: pertama, beliau mengenalkan Lembaga Tilawah dan Tahfidz Al-Qur’an (LTTQ) Institut PTIQ Jakarta dan pemaparan terkait program tahfidz yang berlaku di PTIQ. Kedua, Beliau menjelaskan sejarah berdirinya PTIQ sampai perubahan Ma’had (Asrama) zaman dulu dan sekarang. Terakhir, beliau menjelaskan bagaimana kiprah PTIQ dalam membentuk generasi Ahli Al-Qur’an.

Selain ketua LTTQ, sambutan juga disampaikan oleh Wakil Rektor III, Dr. Ali Nurdin, M.A., dan wakil Rektor I, Dr. H. Imam Addaruqutni, M.A. Ucapan selamat datang kembali kepada Ketua LPTIQ Kab. Jepara yang alumni PTIQ, membuka sambutan tersebut. Selain itu beberapa poin yang disampaikan yaitu terkait rencana Institut PTIQ Jakarta yang akan bertransformasi menjadi Universitas, kemudian kerjasama-kerjasama yang dilakukan PTIQ baik di dalam dan luar negeri, termasuk program pengiriman Imam Masjid ke luar Negeri.

Selanjutnya sambutan juga disampaikan oleh perwakilan alumni, yaitu KH. Syarif Rahmat, S.Q. yang menjelaskan bagaimana kuatnya persaudaraan alumni PTIQ dan sedikit bercerita dan bernostalgia ketika beliau masih menjadi mahasiswa bersama ketua LPTQ Kab. Jepara.

Terakhir, sambutan disampaikan juga oleh Ketua LPTIQ, Kab. Jepara, Drs. K.H. Ali Mudhofar. Beliau menyampaikan ucapan terimakasihnya karena telah disambut dengan baik. Selain itu beliau juga melanjutkan cerita yang sebelumnya disampaikan oleh KH. Syarif Rahmat, S.Q. tentang masa-masa beliau menjadi mahasiswa PTIQ. Kemudian beliau juga menyampaikan maksud dan tujuannya melakukan kunjungan studi komprehensif ke PTIQ, yaitu meminta masukan dan saran untuk LPTQ Kab. Jepara dalam membina para generasi ahli Al-Qur’an.

Setelah semua sambutan disampaikan, acara dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab antara pihak dari PTIQ dan juga LPTQ Kab. Jepara. Dan acara ditutup dengan penyerahan cindera mata dari kedua belah pihak. Dari PTIQ cinderamata berupa plakat berlambang PTIQ Jakarta. Sedangkan dari LPTQ Kab. Jepara, cinderamata berupa ukiran kayu berbentuk kaligrafi serta kain tenun khas Kab. Jepara yang dibuat langsung oleh adik dari ketua LPTQ Kab. Jepara. Terakhir acara ditutup dengan sesi foto bersama.

Oleh: Muhamad Ibtissam Han (Kabag IT & Humas)
Fotografer: Muhamad Zen Habibie (PTIQ Creative)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may also like these