Home / Berita / Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Institut PTIQ Jakarta Tahun 2021

Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Institut PTIQ Jakarta Tahun 2021

Jakarta (09/10/2021) – Segenap pimpinan Institut PTIQ Jakarta laksanakan kegiatan Rapat Tinjauan Manajemen (RTM). Kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama dua hari mulai dari tanggal 9 s.d. 10 Oktober 2021 di Kampus 2 Institut PTIQ Jakarta. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh jajaran pimpinan Institut PTIQ Jakarta mulai dari Rektor, Wakil Rektor, Direktur, Dekan, Ketua Biro, Kepala Lembaga, Kepala Bagian, Kaprodi sampai dengan Bagian Tata Usaha yang berjumlah 35 orang.

Tujuan diadakan RTM ini adalah sebagai berikut: Pertama, Tersusunnya kurikulum KNI dan segala perangkat perkuliahan pada setiap prodi. Kedua, Tersusunnya dokumen SPMI (organ, pelaksanaan, evaluasi dan beragam tindak lanjutnya). Ketiga, Terbentuknya tim perumus distingsi mata kuliah ke-PTIQ-an. Keempat, Terbentuknya tim perumus Rencana Strategis (Renstra) Institut PTIQ Jakarta untuk Tahun 2021-2025. Kelima, Ditetapkannya Langkah strategis untuk meningkatkan publikasi ilmiah yang akan bermuara pada peningkatan jabatan fungsional dosen-dosen. Terakhir, Ajang silaturahmi para pimpinan dan juga dosen dalam setiap semester.

Kegiatan dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibaca oleh Salman Al Farisi, S.Ag. Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dan arahan dari Rektor Institut PTIQ Jakarta. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa PTIQ telah menjadi perguruan tinggi nomor I kualitasnya di kopertais. Selain itu alumni PTIQ mampu berkontribusi banyak di masyarakat baik secara formal maupun informal. Namun beliau menggaris bawahi bahwa tokoh-tokoh alumni PTIQ yang muncul saat ini adalah produk dari PTIQ di masa lalu, maka kita tidak boleh larut dan hanyut dengan kelebihan kita di masa lalu dan apa yang kita usahakan hari ini akan terlihat di masa yang akan datang.

Selanjutnya kegiatan dilanjurkan dengan sosialisassi Instrumen Pemantauan dan Evaluasi Peringkat Akreditasi (IPEPA) Perguruan Tinggi oleh Suparto, S.Ag., M.Ed., Ph.D. Peserta sangat antusias mengikuti materi ini. Materi ini menjadi penyemangat para pimpinan untuk menyelenggarakan Pendidikan di Institut PTIQ Jakarta menjadi lebih baik. Selain IPEPA, RTM tahun ini meninjau ulang operasional SPMI. Materi ini disampaikan oleh Dr. Ahmad Zain Sarnoto, M.Pd didampingi moderator Dr. Akhmad Shunhaji, M.Pd.I. Materi ini membahas dokumen SPMI, Organ Pelaksanaan SPMI, sistem evaluasi, hingga tindaklanjut. Kajian ulang terhadap SPMI mengacu pada perkembangan keilmuan kini dan mendatang.

RTM membahas manajemen secara komprehensif. Materi-materi yang terkait manajemen dibahas secara mendalam di kegiatan ini. Di antara materi yang menjadi pembahasan mendalam adalah review kurikulum KKNI, efektifitas kinerja dan optimalisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. Materi-materi tersebut dibahas oleh semua peserta, termasuk rektor dan wakil rektor. RTM tahun 2021 menjadi RTM istimewa. Selain membahawa hal-hal yang terkait manajemen, RTM tahun ini juga dilaksanakan launching dan sosialisasi repository Institut PTIQ Jakarta. Sosialisasi disampaikan oleh Pak Andi Jumardi, M.Kom, sekaligus diresmikan langsung oleh rektor Institut PTIQ Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top