السلام عليكم ورحمة الله وبركاته          Mau Kuliah Plus Menghafal Al-Qur'an? Ke PTIQ aja.
Home / Berita / Pelatihan Litigasi 2021 Fakultas Syariah Institut PTIQ Jakarta

Pelatihan Litigasi 2021 Fakultas Syariah Institut PTIQ Jakarta

Pelatihan Litigasi 2021 Fakultas Syariah Institut PTIQ Jakarta

Warta PTIQ – Fakultas Syariah Institut PTIQ Jakarta kembali menggelar pelatihan litigasi tingkat prodi al-Ahwal al-Syakhsiyyah. Pelatihan yang diadakan secara virtual via Zoom ini berlangsung selama tiga hari mulai dari Senin sampai Rabu, 14-16 Juni 2021. Pelatihan bertujuan agar melatih mahasiswa untuk beracara di pengadilan.

Pelatihan yang diadakan setiap tahun ini menghadirkan tiga pembicara berbeda setiap sesinya. Dr. Syafrudin Makmur, SH,. MH,. M.M menjadi pembicara pertama pada sesi hari senin. Ia menyampaikan tentang tema Kode Etik Praktisi Hukum dan Legal Opinion. Dr. Syafrudin memaparkan dengan jelas Fungsi dan tujuan legal opinion serta kerangka legal opinion.

Pada sesi kedua hari selasa diisi oleh Dr. Ali Imron, S.Q,.SH.,M.H yang menjelaskan materi tentang Surat Kuasa yang berisi, dasar hukum surat kuasa, subjek dan objek surat kuasa, serta contoh surat kuasa. Selain itu ia juga menguraikan materi lanjutan tentang penyusunan gugatan perdata dan pidana beserta contohnya.

Pada sesi hari terakhir, pelatihan diisi oleh Bapak Bangkit, SH yang mempresentasikan Prosedur Berperkara di mana materi ini meliputi 1. Pendaftaran perkara 2. Pendaftaran selesai 3. Panggilan berperkara. Selain itu,  ia juga menjelaskan Pendampingan Penyelesaian Perkara Perdata dan Pidana yang meliputi 1. Pengaduan dan pelaporan 2. Pendampingan tersangka 3. Pembuktian 4. Contoh surat permohonan penangguhan 5. Contoh surat permohonan pembatalan.

Pelatihan yang diikuti oleh 38 peserta ini ditutup oleh Kaprodi al-Ahwal al-Syakhsiyyah, Helmi Yusuf, MA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top