Home / Berita / Seminar Internasional dalam Rangka Milad 50 Tahun Institut PTIQ Jakarta

Seminar Internasional dalam Rangka Milad 50 Tahun Institut PTIQ Jakarta

Dalam rangka miladnya yang ke-50 tahun, Institut PTIQ Jakarta mengadakan beberapa agenda di antaranya adalah penyelenggaraan seminar Internasional dengan tema “International Seminar on Qur’anic Studies”. Seminar Internasional yang dijadwalkan selama dua hari ini (1-2 Juni 2021) menghadirkan tokoh-tokoh besar baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Seminar internasional ini dibagi menjadi dua kategori; pertama seminar internasional pada tanggal 1 juni pada jam 09.00 -12.00 WIB dibuka langsung oleh Wakil Presiden Republik Indonesia; Prof. Dr. (H.C.) KH. Ma’ruf Amin sebagai keynote speaker. Selanjutnya bertindak selaku narasumber adalah Prof. Dr. Nasaruddin Umar, MA., Prof. Dr.Quraish Shihab, MA. dan Dr. Phil. Sahiron, MA., dan dengan sub-tema “Al-Qur’an dan Metodologi dalam Penafsiran”.

Seminar Internasional berikutnya (kedua) diselenggarakan pada hari Rabu tanggal 2 Juni 2021 pukul 13.00 – 15.00 WIB menghadirkan tiga Narasumber; (1) Prof. Dr. dr. Syekh Yusri Rusydi Jabr (Ulama dari Mesir), (2) Prof. Dr. Amany Lubis, MA. (Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Indonesia), dan (3) Prof. Dr. Syekh Taufiq Ramadhan al-Buthy (Ulama asal Suriah) dengan sub-tema “Al-Qur’an wa al-Wasathiyah (Al-Qur’an dan Moderasi Beragama)”.

Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan Diskusi Panel “International Seminar on Qur’anic Studies” dengan tiga sub tema besar yaitu (1) Integrasi Al-Qur’an dan Sains, (2) Mukjizat al-Qur’an, dan (3) Ulumul Qur’an. Terdapat 30 paper yang lolos dipresentasikan dengan rincian Integrasi Al-Qur’an dan Sains sebanyak 20 makalah, Mukjizat al-Qur’an sebanyak 6 makalah, dan Ulumul Qur’an sebanyak 4 makalah. 8 makalah ditulis oleh dosen Institut PTIQ Jakarta dan 1 mahasiswa PTIQ, sementara para penulis lainnya berasal dari beberapa kota atau kampus di Indonesia termasuk pula beberapa dari luar negeri seperti Teheran, Iran dan Istanbul Turki.

Acara yang dilaksanakan secara virtual melalui Zoom Webinar ini, disambut dengan sangat meriah oleh para peserta dibuktikan dengan banyaknya participant yang mencapai 1120 yang tergabung dalam lima grup WhatsApp dan sebagian peserta mengisi data diri di link pendaftaran.
Acara ini terselenggara atas kerjasama berbagai pihak, untuk itu penghargaan yang sebesar-besarnya ditujukan kepada mereka semua yang terlibat dalam acara Seminar Internasional ini; Rektor Institut PTIQ Jakarta dan jajaran, para donatur, narasumber, panitia dan seluruh peserta yang ikut memeriahkan acara ini. (LH)

Tonton Rekaman Videonya di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top