السلام عليكم ورحمة الله وبركاته          Mau Kuliah Plus Menghafal Al-Qur'an? Ke PTIQ aja.
Home / Berita / DEKAN TARBIYAH PTIQ JAKARTA LAUNCHING BUKU “AL-QUR’AN DAN KECERDASAN KEWARGAAN” DALAM RANGKA MEMBERI SOLUSI ATAS KONFLIK KEBANGSAAN

DEKAN TARBIYAH PTIQ JAKARTA LAUNCHING BUKU “AL-QUR’AN DAN KECERDASAN KEWARGAAN” DALAM RANGKA MEMBERI SOLUSI ATAS KONFLIK KEBANGSAAN

DEKAN TARBIYAH PTIQ JAKARTA LAUNCHING BUKU “AL-QUR’AN DAN KECERDASAN KEWARGAAN” DALAM RANGKA MEMBERI SOLUSI ATAS KONFLIK KEBANGSAAN

Melihat kondisi masyarakat Indonesia yang penuh dengan konflik horizontal, ujaran kebencian, hoax, dan problem lainnya, Dekan Fakultas Tarbiyah, Institut PTIQ (Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an), Jakarta luncurkan buku berjudul Al-Qur’an dan Civil Society (Kecerdasan Kewargaan Perspektif Al-Qur’an) pada acara Pekan Literasi Virtual Nasional Fakultas Tarbiyah, PTIQ.


Buku tersebut berasal dari hasil penelitian (disertasi) Baeti Rohman dalam rangka meraih gelar Doktor Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir di Institut PTIQ, Jakarta.

“Harapan saya buku ini bisa memberi solusi dan pandangan bagi para tokoh agama, politisi, akademisi, dan masyarakat umum, dalam rangka menyelesaikan konflik horizontal yang tengah terjadi beberapa tahun belakangan ini. Hal utama dalam rangka membangun keharmonisan bangsa ya sebenarnya adalah menciptakan masyarakat atau warga yang memiliki kecerdasan kewargaan (civic intelligence) dengan berpedoman pada nilai-nilai Al-Qur’an.

Itulah poin utama yang ingin saya sampaikan dalam buku ini” Ujar Baeti Rohman yang saat ini juga menjabat sebagai Kepala LBIQ (Lembaga Bahasa dan Ilmu Al-Qur’an) kepada audiens bedah buku Pekan Literasi Virtual Nasional Fakultas Tarbiyah yang diselenggarakan pada tanggal 7-12 Desember 2020.


Hadir juga sebagai pembedah, yaitu Ust. Ammar Fauzi, Ph.D (Akademisi STFI Sadra dan Direktur Indonesia Berfilsafat) serta Dr. Aji Dedi Mulawarman (Akademisi Universitas Brawijaya) . Ammar Fauzi lebih membahas buku Al-Qur’an dan Civil Society dari perspektif Al-Qur’an sedangkan Aji Dedi dari segi ilmu sosiologinya. Acara bedah buku tersebut terbuka untuk umum dan dihadiri ratusan partisipan dari kalangan mahasiswa dan para pegiat literasi dari berbagai daerah di Indonesia.

Di hari yang sama dibedah juga buku M. Riyadi Lubis, S.Q. S.Pd.I (Alumni Fak. Tarbiyah PTIQ, Mahasiswa Magister Universitas Islam Internasional Malaysia) dengan judul buku “Kemilau Al-Qur’an” dan menghadirkan pembedah dari UIN Syarif Jakarta (Dr. Sandi Santosa) dan Dr. Aletmi dari UIN Jambi. (Ekki/7/12/2020)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top