Orientasi Mahasiswa/i Baru Institut PTIQ

Orientasi Mahasiswa/i Baru Institut PTIQ

Rabu, 5 September 2018, Institut PTIQ Jakarta menyelenggarakan masa orientasi mahasiswa baru. Penyelenggaran orientasi ini dikenal dengan sebutan  DATTA ,“Daurah at ta’aruf li at tullab al judad”.

Pelaksanaan orientasi ini penting bagi institut untuk mengenalkan mahasiswa dengan berbagai elemen kampus dan beraneka kegiatan di dalamnya. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi peluang untuk menjalin silaturahim antara pimpinan dan mahasiswa baru serta ajang saling mengenal antar mahasiswa baru yang datang dari berbagai daerah di Indonesia.

Daurah at ta’aruf ini diikuti oleh sekitar 363 mahasiswa baru yang ditempatkan di M’ahad putra Institut PTIQ Jakarta. Masing-masing mahasiswa tidak mengenakan atribut aneh-aneh layaknya orientasi di kampus lain. Mereka hanya memakai pakaian putih dan celana hitam dilengkapi dengan kopiah hitam dan sarung yang dikalungkan.

Rektor Institut PTIQ Jakarta, Prof. Dr. H. Nasaruddin Umar, MA, turut hadir untuk memberikan arahan kepada seluruh mahasiswa baru. Ia berharap mahasiswa baru yang diterima di Kampus PTIQ belajar sungguh-sungguh karena mereka adalah mahasiswa pilihan yang bisa belajar di kampus ini.

Banyak pesan yang disampaikan oleh rektor untuk menyemangati para peserta orientasi.

“Di PTIQ, bukan hanya mempelajari kitabullah yaitu yang tertuang dalam mushaf, tapi juga kalamullah. Kitabullah semua orang bisa membaca dan mempelajarinya. Tapi kalamullah ada di langit dan sedikit yang bisa mempelajarinya,” ungkap Prof. Nasar, panggilan akrabnya.

Menurutnya, kalamullah itu bisa dicapai oleh al Muttaqin yaitu orang yang benar-benar bertakwa. Karena itu, “Untuk mendekati al-Qur’an, kita harus melakukan thaharah, yaitu an nazhafah dan at tazkiah,” lanjut beliau.

Selama tiga hari, dari tanggal 5-7 September para mahasiswa baru diberi materi-materi yang berhubungan dengan ke PTIQ-an dan juga motivasi belajar dari para dosen PTIQ.

Para mahasiswa baru sangat antusias untuk mengikuti setiap paparan materi dari setiap narasumber.

Selain itu, berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Institut PTIQ Jakarta menerima mahasiswi untuk program reguler di mana mereka ditempatkan di Ma’had yang berbeda dari Ma’had putra.

Pada tanggal 6-7 September juga dilaksanakan Orientasi Mahasiswi baru yang bertempat di Ma’had putri. Jumlah mahasiswi yang diterima dan layak menempati ma’had putri berjumlah 36 orang. Dengan bertema “Membentuk Karakter Umat di Era Milenial Bersama Al-Qur’an”, acara ini berlangsung meriah dan diisi oleh para pimpinan serta para dosen PTIQ sebagai narasumber.

Selamat Bergabung di Institut PTIQ Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *