Fakultas Tarbiyah dan LP2M Universitas PTIQ Jakarta adakan Workshop Bedah Panduan Skripsi dan EYD Terbaru

Jakarta, 11 Maret 2023 – Fakultas Tarbiyah bersama Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas PTIQ Jakarta mengadakan workshop pada Sabtu, 11 Maret 2023. Workshop tersebut diadakan untuk memberikan pembekalan kepada mahasiswa Fakultas Tarbiyah Universitas PTIQ Jakarta mengenai Bedah Buku Panduan Skripsi Fakultas Tarbiyah dan Bedah Ejaan yang Disempurnakan (EYD) Tahun 2022.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Tarbiyah, Dr. Baeti Rohman, M.A. menyampaikan pentingnya workshop ini bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah dalam menunjang kualitas karya ilmiah yang dihasilkan oleh mahasiswa. Dekan juga berharap agar mahasiswa dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik untuk meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis karya ilmiah dan memahami penggunaan EYD terbaru.

Beliau juga menceritakan bagaimana ulama zaman dulu ketika mengarang kitab, tidak pernah luput dari yang namanya sitasi atau pengutipan. Menurutnya tradisi pengutipan dari karya yang sudah ada sebelumnya, telah diterapkan oleh ulama di dunia Islam.

“Bahkan dalam periwayatan hadis, sumber atau referensi itu menjadi sesuatu yang paling mendasar untuk menentukan kualitas sebuah hadis. Maka jangan sampai mahasiswa ketika menulis, malah meninggalkan tradisi yang sudah dipegang teguh oleh ulama di dunia islam. Itulah mengapa di dalam panduan skripsi penting untuk mencantumkan footnote, selain itu juga penting untuk menyajikan literatur review, supaya jelas bangunan ilmunya, udah sampai mana perdebatan teori dll.” Pungkasnya.

Workshop diisi oleh dua pemateri, Dr. Aas Siti Sholichah, M.Pd. sebagai Ketua LP2M dan M. Naelul Mubarok, M.M. sebagai Ketua Prodi PAI. Materi pertama adalah Bedah Buku Panduan Skripsi Fakultas Tarbiyah yang disampaikan oleh M. Naelul Mubarok, M.M. Materi ini membahas secara lengkap tentang panduan penyusunan skripsi yang telah disusun oleh Fakultas Tarbiyah. Mahasiswa juga diberikan tips dan trik dalam menulis karya ilmiah agar dapat menciptakan karya yang berkualitas.

Materi kedua adalah Bedah Ejaan yang Disempurnakan (EYD) Tahun 2022 yang disampaikan oleh Dr. Aas Siti Sholichah, M.Pd. Materi ini membahas secara detail tentang penggunaan EYD terbaru yang telah diterbitkan pada tahun 2022. Mahasiswa dijelaskan tentang perbedaan EYD terbaru dengan EYD sebelumnya dan pentingnya penggunaan EYD terbaru dalam menulis karya ilmiah yang benar dan mudah dipahami.

Diharapkan workshop ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi mahasiswa Fakultas Tarbiyah Universitas PTIQ Jakarta dalam meningkatkan kualitas karya ilmiah mereka dan memperkaya pengetahuan mereka mengenai penggunaan EYD terbaru. Semoga kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan untuk mendukung peningkatan kualitas pendidikan tinggi di Indonesia.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these