Institut PTIQ Jakarta Membuka Program Studi di Luar Kampus Utama di Maluku Utara

Maluku Utara (12/06/2022) – Kontribusi besar Institut PTIQ Jakarta khususnya dalam dunia tilawah di Indonesia tidak dapat diragukan lagi. Bahkan sejarah mencatat bahwa Institut PTIQ Jakarta yang selanjutnya di sebut PTIQ Jakarta merupakan perguruan tinggi ilmu Al-Qur’an pertama di Indonesia yang mempelopori gerakan Indonesia mengaji. Seiring dengan berkembanganya waktu, PTIQ Jakarta secara bertahap mengembangkan kajian keilmuannya pada beberapa bidang ilmu dengan tetap menjadikan Al-Qur;an sebagai dasar dan landasan dalam setiap kajian teoretis keilmuan. Pun demikian seiring dengan banyaknya permintaan di setiap provinsi di Indonesia agar PTIQ Jakarta membuka program studi di daerahnya, maka dengan berdasar pada pada Permendikbudristek Dikti No. 1 Tahun 2017 tentang Pembukaan, Perubahan, dan Penutupan Program Studi di Luar Kampus Utama Peguruan Tinggi yang kemudian di kenal dengan PSDKU, PTIQ Jakarta bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Maluku Utara membuka PSDKU untuk Prodi Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) dan Pendidikan Agama Islam (PAI). “kami hanya akan membuka PSDKU IAT dan PAI, karena ini yang memenuhi persyaratan berdasarkan aturan yang berlaku”. Begitulah sambutan yang disampaikan Rektor PTIQ Jakarta pada acara peletakan batu pertama PTIQ-Sofifi tanggal 12 Juni 2022. Turut hadir dalam acara tersebut, antara lain Gubernur Maluku Utara (KH. Abdul Gani Kasuba, Lc), beberapa pimpinan PTIQ Jakarta, seperti: Warek I (Dr. H. Imam Addaruqutni, MA), Warek II (Dr. H. Syamsul Bahri Tanrere, M.Ud), Direktur Pascasarjana (Prof. Dr. H.M. Darwis Hude, M.S1), dan Kepala Biro Akademik (Dr. Made Saihu, M.Pd.I).

“Saya atas nama pribadi dan Pemerintah Maluku Utara sangat bersyukur PTIQ Jakarta berkenan membuka PSDKU di wilayah kami. Kami sudah menyiapkan lahan ± 290.000 M2 tepat disamping Masjid Masjid Raya Shaful Khairaat Sofifi. Sengaja PSDKU PTIQ ini kami bangun di ibu kota provinsi, karena kami berharap dengan adanya PTIQ di Sofifi, menjadikan daerah ini sebagai pusat kajian AL-Qur’an di Maluku Utara dan tentu saja kami berharap daerah ini akan semakin berkembang dan maju tentu saja dengan berkah Al-Qur’an yang dibawa oleh PTIQ Jakarta”. Inilah beberapa kutipan sambutan dari Gubernur Maluku Utara KH. Abdul Gani Kasuba, Lc.

Memang sudah menjadi keharusan bagi setiap perguruan tinggi di Indonesia untuk lebih meningkatkan peran sertanya dalam meningkatkan kecerdasan kehiudpan bangsa. PSDKU yang diinisiasi oleh Pemerintah Maluku Utara dan PTIQ Jakarta, selain bertujuan untuk memperluas jangkauan PTIQ Jakarta, yang lebih penitng untuk menampung banyaknya peminat pengkaji Al-Qur’an di daerah tersebut. Dan sekali lagi disinilah peran signifikan dari perguruan tinggi untuk lebih mengoptimalkan fungsinya sebagai sebuah lembaga pendidikan tinggi pencetak generasi-generasi bangsa. Untuk itu PTIQ Jakarta hadir sebagai bagian tak terpisahkan dari proses transformasi pendidikan Islam di Indonesia.

Penulis

(Made Saihu)

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may also like these