السلام عليكم ورحمة الله وبركاته          Mau Kuliah Plus Menghafal Al-Qur'an? Ke PTIQ aja.
Home / Berita / Fakultas Dakwah Institut PTIQ Jakarta Sosialisasikan Pusat Studi Ilmu Dakwah dan Komunikasi (PUSDAKOM)

Fakultas Dakwah Institut PTIQ Jakarta Sosialisasikan Pusat Studi Ilmu Dakwah dan Komunikasi (PUSDAKOM)

Fakultas Dakwah Institut PTIQ Jakarta Sosialisasikan Pusat Studi Ilmu Dakwah dan Komunikasi (PUSDAKOM)

Warta PTIQ – Jakarta, 11 Maret 2021, Fakultas Dakwah Institut PTIQ Jakarta menyelenggarakan diskusi bulanan dengan tema “Meneguhkan Epistimologi Ilmu Dakwah di Fakultas Dakwah Institut PTIQ Jakarta”. Diskusi yang dilakukan secara daring ini diikuti oleh para dosen Fakultas Dakwah Institut PTIQ Jakarta.

Diskusi kali ini, H. Topikurohman Bedowi, MA dipercaya sebagai narasumber. Dalam paparannya, ia memosisikan dakwah dalam konteks Islam secara menyeluruh sebagai sebuah sistem. Dekan Fakultas Dakwah ini mengelaborasi bentuk-bentuk dakwah dalam Al-Qur’an di antaranya pertama, Tadzkir: dakwah dengan cara mengingatkan orang yang lupa supaya kembali kepada jalan yang baik (QS. Adz-Dzariyat: 55), Kedua, Tanzdir: memberi peringatan dengan menyampaikan kabar yang menakutkan (QS. Al-Ma’idah: 15, QS. Asy-Syu’ara: 214 dan QS. Yasin: 6). Ketiga, Tabsyir: memberi peringatan dengan menyampaikan kabar yang menyenangkan (QS. Al-Baqarah: 155). Keempat, Ishlah: mendamaikan dua orang atau kelompok yang berselisih (QS. Al-Hujurat: 9). Kelima, Nashihah: memberikan nasihat kepada seseorang, baik diminta atau tidak (QS. Al-’Ashr: 3).

Hal yang menjadi sorotan dalam kesempatan ini adalah peluncuran dan Sosialisasi Pusat Studi Ilmu Dakwah dan Komunikasi (PUSDAKOM) Institut PTIQ Jakarta.  PUSDAKOM ini sebagai bentuk upaya untuk mewujudkan ajaran Islam dalam kehidupan individu, upaya untuk mewujudkan ajaran Islam dalam kehidupan sosial (masyarakat luas, baik Islam dan non Islam), dan juga sebagai wadah untuk kajian masyarakat khusus Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top