السلام عليكم ورحمة الله وبركاته          Mau Kuliah Plus Menghafal Al-Qur'an? Ke PTIQ aja.
Home / Berita / SEMINAR NASIONAL LEGISLATIF INSTITUT PTIQ JAKARTA

SEMINAR NASIONAL LEGISLATIF INSTITUT PTIQ JAKARTA

Warta PTIQ – Jakarta, Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) Institut PTIQ Jakarta menggelar Seminar Nasional Legislatif, pada Kamis, 12/03/2020. Acara yang diselenggarakan di ruang auditorium Institut PTIQ Jakarta ini bertujuan untuk membentuk legislator muda yang profesional, berintegritas, dan berkapabilitas, untuk membangun Indonesia maju, adil dan makmur.

Dalam seminar ini, ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM), Moh. Fauzi Ilhammuddin, menjelaskan bahwa kegiatan ini sangat penting bagi mahasiswa dan mahasiswi, karena kegiatan ini dapat membangun dan melahirkan legislator muda kedepannya menjadi lebih baik, dan juga kegiatan ini sangat jarang diselenggarakan di kampus-kampus lain, terkhususnya PTIQ, yang baru pertama kali menyelenggarakan kegiatan ini.

DPM mengundang narasumber yang berpengalaman di bidang legislasi, parlemen, hukum dan perundang-undangan yang dimoderatori oleh Rizki Ananda Putra selaku Wakil Ketua DPM PTIQ. Sebagaimana dilihat pada edaran yang dilayangkan, DPM mengundang bapak Hidayat Nur Wahid selaku Wakil Ketua MPR-RI, juga bapak Nurhasan Zaidi anggota DPR-RI komisi VIII serta sebagai pembanding Kaprodi KPI Fakultas Dakwah Institut PTIQ Jakarta yang merupakan mantan Ketua KPU Jakarta Selatan, bapak Achmad Fahruddin, yang menjelaskan tentang disfungsi pada parlemen, pemilih dan pemilu di Indonesia, serta fungsi dan hak seorang legislator menurut UUD 1945 pasal 20 A ayat (1).

“Disfungsi parlemen yang terjadi pada tubuh DPR terlihat dari fungsi legislasi juga fungsi pengawasan, banyak data yang menempatkan DPR mengalami penurunan kinerja pada fungsi tersebut,” ungkap beliau dengan menunjukkan data-data yang beliau kutip dari beberapa sumber.

Dalam seminar tersebut HNW dan NHZ tidak berkesempatan hadir, namun mereka mengutus tenaga ahli pimpinan MPR-RI yakni bapak Indra, S.H. M.H. sebagai penggantinya. Beliau menjawab seputar permasalahan yang terjadi dalam parlemen juga memberikan arahan dan motivasi kepada para mahasiswa bagaimana menjadi seorang legislator yang profesional, berintegritas dan berkapabilitas.

“Menjadi seorang legislator yang baik sebenarnya dimulai dari pribadi yang ideal, kita dapat mentauladani kepribadian Rasulullah yang memiliki sifat siddiq, amanah, fathonah dan tabligh,” ungkap beliau.

Seminar Legislatif tersebut juga dihadiri oleh tamu undangan dari kampus luar yang tergabung dalam Forum Lembaga Legislatif Mahasiswa Indonesia (FL2MI) yang juga menjadi support bagi terlaksananya kegiatan ini.

“Selamat datang di kampus Qur’an PTIQ Jakarta, kami sangat senang teman-teman mahasiswa wilayah Jabodetabek hadir dalam kegiatan kami ini, semoga kita semua yang hadir dalam kegiatan ini menjadi legislator yang ideal bagi bangsa ini,” sambut ketua DPM PTIQ.

Setelah materi disampaikan oleh para narasumber dilanjutkan dengan tanya jawab seputar parlemen dan diakhiri dengan foto bersama. DPM juga mengajak seluruh pimpinan legislatif kampus ke ruangan kantor DPM yang bertempat di Ma’had Qur’an Institut PTIQ untuk membahas lebih lanjut mengenai pergerakan FL2MI kedepannya, karena mereka sadar mahasiswa/i inilah yang akan menjadi legislator di masa yang akan datang, generasi emas bangsa Indonesia. (Samira Ummayrah/LPM FILE PTIQ)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top