Berita PTIQ-Salah satu bentuk tridarma perguruan tinggi ialah penelitian. Karena itu, untuk merealisasikan salah satu tridarma tersebut, Institut PTIQ Jakarta melaksanakan workshop penelitian. Kegiatan yang berlangsung pada hari Kamis, 05 Oktober ini dilaksanakan di aula rektorat PTIQ Jakarta.

Workshop ini diadakan setelah beredarnya surat dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam perihal Petunjuk Pelaksanaan Pendaftaran Online BOPTN Penelitian. Tujuan workshop ini untuk memberikan tambahan bekal kepada para peniliti di lingkungan Institut PTIQ Jakarta.

Kegiatan ini diikuti oleh para dosen dan ketua lembaga di lingkungan Institut PTIQ Jakarta yang berjumlah sekitar 20 peserta.

Dalam surat edaran yang ditandatangani oleh Plt. Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Bapak Imam Safe’I, disebutkan bahwa pengajuan proposal penelitian dilakukan secara online melalui laman http://litapdimas.kemenag.go.id. Poposal penelitian yang masuk akan divalidasi dan diperiksa oleh tim reviewer atau tim internal LP2M/P3M. Proposal yang memenuhi syarat akan diseutujui dan akan muncul di data base Kementerian Agama cq Ditjen Pendidikan Islam. Dan proposal tersebut akan menjadi dasar rujukan penetapan besaran dana BOPTN pada setiap PTKIN tahun berikutnya.

Workshop yang dilaksanakan oleh LP2M PTIQ ini bekerjasama dengan direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kementerian Agama RI yang diwakili oleh Bapak Dr. Muhammad Zein, M.A, selaku kasubdit penelitian DIKTIS Kemenag RI.

Yang bisa mengajukan proposal dalam penelitian ini adalah pertama, dosen yang memiliki NIDN/NIDK dan mempunyai jabatan fungsional. Kedua, fungsional peneliti, pustakawan, laboran atau fungsional lainnya di PTKI. Ketiga, pengelola jurnal, dan keempat pengabdian berbasis riset.